• SMP NEGERI 10 BANDA ACEH
  • Where Tomorrow's Leaders Come Together

APA ITU BIMBINGAIN KONSELING?

Tentu kita semua tak asing dengan istilah bimbingan konseling. Sejak di bangku sekolah, praktik bimbingan konseling menjadi hal yang penting bagi siswa dan juga sekolah.

Hal ini karena didapati pengertian bahwa kelak pengertian bimbingan konseling ini cakupannya luas, selain dapat berperan besar dalam menjadi agen kebaikan.

Bimbingan konseling ini mengacu pada tujuan agar terwujudnya perilaku yang baik kepada para pemuda atau siswa yang didapat dari guru bimbingan konselingnya agar mereka memiliki kepribadian yang baik untuk masa depan. Tugas guru pada pengertian bimbingan konseling ini adalah untuk memoles kepribadian mereka.

Di jenjang sekolah, bimbingan konseling akan membantu siswa dalam menangani berbagai masalah atau hal-hal lain di luar praktik belajar dan mengajar. Tak heran jika banyak siswa yang diarahkan untuk ke bimbingan konseling ketika memiliki masalah baik di dalam sekolah maupun di luar sekolah.

Tujuannya, agar pengertian bimbingan konseling ini mampu mendukung pencapaian masa depan siswa, selain tujuan pendidikan dan pengajaran yang siswa dapatkan di dalam sekolah. Meski demikian, praktik bimbingan konseling ini juga harus dibarengi dengan upaya siswa memaksimalkan kemampuan mereka masing-masing dalam menyelesaikan masalah.

 

KESALAHAN MENILAI GURU BK

Sering kali kita salah paham ketika mendengar apa itu guru BK. Kita berpikiran bahwasanya semua guru BK yang kita ketahui bersifat tegas, keras, pemarah, dan menakutkan begitulah penilaian siswa mengenai sikap dan peran guru BK, demikian juga saya pribadi juga merasa seperti itu waktu sekolah SMP dulu.

Padahal pada dasarnya guru BK berperan seperti orang tua kita sendiri ketika di sekolah, guru BK bisa mengarahkan dan membimbing murid ketika melanggar peraturan di sekolah dengan tujuan agar mampu mencegah perilaku negatif yang dapat menghambat perkembangan peserta didik dan mampu mengembangkan potensi yang ada pada diri peserta didik.

Tidak semua peserta didik mampu mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah dengan baik dan lancar. Guru Bk dapat membantu memberikan bimbingan kepada peserta didik yang mungkin mengalami masalah dan juga kesulitan dengan prestasi belajar di sekolah, dan membantu peserta didik dalam mencari jalan keluar yang tepat.

Guru BK juga bisa menjadi teman sejati tempat mendapatkan informasi, curhat,konsultasi dan solusi saat murid mengalami permasalahan. ke BK bukan berarti bermasalah. agar peran BK dapat maksimal sesuai dengan yang diinginkan maka kerjasama keduabelah pihak tentulah sangat menentukan. perasaan peduli tentulah harus ada pada tiap guru BK, dengan peduli akan timbul keikhlasan untuk membantu secara maksimal. dengan selalu ingat tuntutan profesi akan mengingatkan apa yang sebaiknya/seharusnya dilakukan oleh seorang guru BK, yang penting guru tidak asal dalam menjalankan tuntutan profesinya.

Nah bagaimana ? Masih ragu untuk berkonsultasi dengan guru BK?

Untuk kamu yang mau berkonsultasi mengenai masalahmu, bisa langsung dikolom komentar ya.. dengan menjaga etika dalam bermedia sosial yaitu menggunakan bahasa yang baik dan sopan dan menghindari hal-hal yang bersifat perundungan.

Namun bagi kamu yang masalahnya tidak ingin dilihat oleh orang lain atau bersifat rahasia, bisa langsung menghubungi guru BK secara langsung melalui chat pribadi pada nomor dibawah ini

 

 

 

7 Komentar

buk, bagaimana caranya kita sabar dengan kawan2 yang selalu mengejek kita? padahal kita tidak pernah ganggu urusan mereka? tp mereka selalu kepo dengan saya buk

Terimakasih eva atas komentar tentang masalahnya... Untuk mengatasi sikap teman-teman yang tidak senang dengan kita, sebaiknya coba kamu melalukan self-control yaitu belajar mengendalikan emosi dari berbagai situasi dan konflik sehingga perilaku yang negatif bisa teratasi dengan hal-hal positif. kamu juga bisa melakukan managemen stress untuk mengatasi rasa stress dalam diri kamu ya..jgn sampai karena masalah ini prestasi kamu menurun, sangat disayangkan bukan? nanti kamu bisa menjadi cara self-control dan manajemen stress di artikel-artikel yang tersedia di internet .. terimakasih semoga membantu...

buk..kek mana caranya biar teman-teman gak nyontek sama saya lagi buk,,soalnya saya selalu buat tugas orgni mintak nyontek semua...saya udah capek buat orgni enak tinggal nyontek

baik rizki..terimakasih sudah berkomentar.. jadi untuk permasalah kamu ada baiknya kamu tidak dengan mudahmemberikan contekan untuk temanmu..ibu ingin tau apa akibatnya jika kamu tidak menuruti keingin mereka? apakah mereka akan memukulmu? coba kamu komunikasi dengan teman-teman dan juga dengan guru kelas..atau kamu bisa memberi tahu guru BK nanti kita akan adakan bimbingan kelompok.. semoga membantu..

ibuk..kapan kita belajar diruang multimedia lagi buk..saya bosa dikelas terus

Terimakasih fitri atas komentarnya.. jika kamu merasa bosan dikelas, coba komunikasi dan ajak guru yang mengajar untuk menggunakan ruang mulmedia agar pembelajaran lebih terasa menyenangkan.. semoga membantu..

buk..tolong paling lintang buk..dia sering kali mengganggu saya lagi belajar..mukul, lempar..saya sudah hilang sabar buk..daripada nanti saya ajak berantam

Terimakasih sudah berkomentar.. Untuk masalah teman yang sering mengganggu mu pasti ada penyebabnya..coba ajak dia komunikasi baik-baik jagan emosi, bicarakan apa yang jd penyebab dia mengganggu mu,,apa alasannya, beri pengertian kepada temanmu kalau kamu dia suka hal itu dan bisa berakibat buruk nantinya..jika temanmu masih tidak menghiraukan kami bisa melaporkannya ke guru kelas atau langsung saja ke guru BK ya..semoga bermanfaat..terimmakasih...

Buk saya sulit sekali memahami pelajaran b.inggris buk..saya sulit sekali memahaminya buk..pdhal sy sudah memperhatikan dengan baik..jadinya saya sulit Ketika diberi tugas..bagaimana caranya ya bu, sy takut nilai saya jelek

Terimakasih imam atas komentarnyaa... Jadi untuk permasalahan kamu yang sulit belajar b.inggris untuk action yang pertama ibu akan memberikan satu tugas untuk permulaan belajar kamu yaitu.. Hafalkan 5 kata dalam sehari, kata bisa diperoleh dari membaca buku, artikel atau berita dalam bahasa inggris. Bisa ditulis dalam kertas/note/smartphone atau semacamnya. Hafalkan kembali setelah 1 minggu, agar tidak lupa. Nanti setelah kamu lakukan,, ibu akan memberikan tips selanjutnya..jangan ragu untuk keruang bk ya dan bertanya kelanjutan tugas belajar b.inggrisnya.. wassalam..

Buk saya bingung mau masuk kemana setelah tamat nanti.karena orangtua saya memaksa saya masuk pesantren..gimana ini yaa bu saya bingung, krn saya tidak mau masuk pesantren??

Terima kasih atas komentarnya aina.. Jadi untuk permasalahan kamu ini coba kamu bangun komunikasi yang baik dengan orangtua. jelaskan kepada orangtua secara sopan kepada orangtua apa alasan kamu tidak mau masuk pesantren? apa yang kamu ingin kejar? apa impian kamu? jelaskan perbedaan generasi dulu dan sekarang. dan yakinkan orangtua dengan cara menunjukkan prestasi disekolahmu dibidang yang kamu minati..nanti ibu juga akan coba berbicara dengan orangtuamu jika ada kesempatan.. mungkin itu saja solusi singkat yang ibu berikan... untuk mengatasi rasa bingung kamu untuk memilih sekolah lanjutan, nanti kita akan susun jadwal pertemuan di ruang BK yaa... wassalam...

buk....saya kurang suka kalo gurunya cuma ceramah....makanya sering keluar masuk

Terimakasih atas komentarnya... Jadi untuk permasalahanya kamu merasa bosan ya dengan guru yang ceramah dikelas. Akan tetapi tindakan keluar masuk kelas itu berarti kamu sudah bolos dijam pelajaran guru tersebut. Jadi dibawah ini ada beberapa tips yg bisa kamu coba utk mengatasi hal tersebut: 1. Evaluasi perilakumu sendiri . Apakah tindakan kamu tersebut akan memberi pengaruh pada dirimu sendiri? pikirkan kamu akan menciptakan hubungan buruk dengan guruu sehingga berpengaruh terhadap nilaimu nanti. Selain itu kamu juga akan tertinggal materi pembelajaran sehingga membuatmu sulit pada saat ujian. 2. Hargai dan dorong cara mengajar yang baik. Meskipun kita merasa bosan dengan seorang guru, tetapi kita harus sadar bahwa kita harus bisa menghargai seorang guru yang telah mengajarkan kita dan kita harus mendorong cara pengajaranya yang dia ajarkan layaknya menghargai orang tua yang telah mendidik kita dari kecil sampai sekarang. 3. Bicaralah dengan gurumu Ketika kita sudah merasa bosan terhdap guru,kita harus berani menceritakan apa adanya yang sedang kita rasakan dengan sopan dan hormat. Bila kita merasa tidak tau maka alngkah baiknya kita bertanya kepada guru tersebut karena seseorang yang sering bertanya biasanya mampu mengubah dari kejauhan terhadap guru menjadi kedekatan terhadap guru. Nah jadi tips yang terakhir ini bisa kamu coba ya..komunikasi dengan sopan dan hormat lebih baik dari pada keluar masuk kelas yang akan merugikan kamu sendiri nantinyaa. Terimaksih semoga membantu

Komentari Tulisan Ini